Analisi Data Kualitatif

Tugas Metode Penelitian

a. Teknik pengumpulan data “Snowball”. Jelaskan secara rinci maksud serta contoh penggunaannya dalam penelitian pendidikan matematika!

b. Triangulasi. Jelaskan secara rinci maksud, jenis, serta contoh penggunaannya dalam penelitian pendidikan matematika.

•Analisis data dapat dilakukan: selama pengumpulan data, sesudah pengumpulan data, atau gabungan keduanya

Tahap-tahap Analisis Data

•Transkripsi dan Reduksi Data
•Klasifikasi dan Identifikasi Data
•Penyimpulan

Klasifikasi dan Identifikasi Data

•Data diklasifikasikan menurut kategori tertentu, sesuai dengan kepentingan peneliti dan pertanyaan penelitian
•Data diberi kode-kode tertentu, misalnya XLM (nomor urut subyek, kelompok, urutan kegiatan)
•Identifikasi: proses berpikir siswa

  Kode: XM (X: jawaban 0* (salah), 0 (tidak lengkap, 1 (lengkap); M: respon Spontan (S), Ragu-ragu (RR), Tidak Menjawab (TM))

Triangulasi Data

 •Membandingkan dan mengecek kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber, waktu, dan alat yang berbeda

•Teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu

Triangulasi Sumber

Suatu informasi digali dari “beberapa” sumber yang berbeda

Triangulasi Waktu

Suatu informasi digali dari sumber yang sama, pada waktu yang berbeda (memperpanjang keikutsertaan peneliti)

Triangulasi Metode

Suatu informasi digali dengan metode yang berbeda (observasi, wawancara, dll)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s