Pengantar (seri tulisan active learning)

Kemarin kita sudah membahas tentang cara menarik perhatian peserta didik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Active Learning (pembelajaran siswa aktif).

Saya akan membagi tulisan saya menjadi bebarapa bab dan sub bab sehingga kita bisa membahas tentang Active Learning secara mendalam.

Kita dapat menceritakan seseuatu dengan cepat.

Namun siswa akan melupakan apa yang kita ceritakan itu jauh lebih cepat

Perkataan sederhana diatas saya kutip dari buku karangan Melvin L. Silberman yang berjudul Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Sunject. 

Siapa bilang menjadi guru itu pekerjaan yang mudah ?

Tetapi saya juga tidak mengiyakan kalau ada yang berpendapata jadi guru itu susah.

Menjadi guru bukan hanya sekedar berdiri didepan, bercerita dan menulis rangkuman lisan kita dalam bentuk coretan dipapan tulis.

Menjadi guru adalah melakukan suatu proses pembelajaran, yang bukan hanya sekedar menuangkan informasi kedalam benak siswa lalu berharap siswa mengerti apa yang kita berikan.

Belajar itu bukan hanya bermodalkan penjelasan dan peragaan semata, tetapi memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa itu sendiri.

Jika kita mengharapkan hasil belajar kita bertahan, maka kegiatan belajar aktif bisa menjadi solusi.

Nah sekarang jika para pembaca sekalian bertanya tanya bagaimana cara mencipatakan belajar aktif , saya akan memberi jawabannya  step by step disini.

Jadi jangan kelewatan ya tulisan dari saya. InsyAllah saya update tiap hari.

Siswa dituntut untuk gesit

Tinggalkan Balasan

